6 Cara Agar Foto Makanan Anda Sukses Bikin Orang Lapar


6 Cara Agar Foto Makanan Anda Sukses Bikin Orang Lapar - Foto makanan dan orang lapar menjadi fenomena fotografi yang cukup menarik untuk diikuti apalagi foto orang lapar dengan opini pro dan kontranya. Namun dibalik kontroversi orang-orang yang suka memotret makanan, nyatanya apabila dilakukan dengan teknik yang baik foto makanan yang dihasilkan bisa menarik dan menjadi karya seni. Fotografi makanan tidak hanya populer di sosial media tetapi juga untuk kepentingan bisnis misalnya untuk pemotretan review restoran atau untuk menarik perhatian konsumen bagi pemilik bisnis makanan. Oleh karena itu fotografi makanan juga sebenarnya merupakan hal yang serius. Foto makanan yang baik adalah foto yang bisa mengundang selera makan orang yang melihatnya hanya dengan indera visual saja, karena dari foto tidak bisa tercium aroma makanannya dan tidak bisa merasakan kelezatannya. Untuk menghasilkan foto makanan yang bisa memenuhi syarat ini, berikut adalah triknya.

Latar belakang yang bersih

Primadona dalam sebuah foto makanan tentu adalah makanan itu sendiri. Karenanya, singkirkan dari frame hal-hal yang bisa mengganggu dari pesona makanan sehingga background makanan tampak bersih dan focal point-nya langsung tertuju pada makanan. Menambahkan beberapa elemen untuk mempermanis frame boleh saja dilakukan seperti meletakkan sendok dan garpu serta serbet atau bunga kecil, namun jangan sampai mengganggu perhatian utama dari komposisi foto.

Gunakan cahaya alami

Tidak perlu menggunakan flash saat melakukan pemotretan makanan. Biarkan kilau minyak yang ada pada makanan bersinar dengan pantulan dari cahaya matahari atau penerangan yang ada pada ruangan. Anda bisa menerapkan teknik lighting untuk mengumpulkan cahaya matahari pada satu objek yang diinginkan sehingga gambar terlihat cukup jelas meski tanpa menggunakan lampu flash.

Cari sudut pandang yang menarik

Carilah sudut pandang yang menarik dan menonjolkan bagian makanan yang membuat lidah bergoyang. Salah satu teknik angling yang bisa Anda coba adalah dengan mencari angle sedemikan rupa sehingga cahaya matahari hanya menyinari sebagian per mukaan saja. Dengan teknik ini maka shading akan tercipta dengan alami dan memberikan gambar titik fokus yang memiliki sudut pandang menarik.

Perlihatkan pesona makanan yang tersembunyi

Ketika akan memotret satu sajian makanan, coba cari dulu apa yang menjadi highlight dari makanan tersebut. Misalnya untuk makanan pastry di mana di dalam kue terdapat filling yang akan meleleh apabila dibelah. Anda bisa membelah kue ini lalu memposisikan makanan dengan posisi filling yang terlihat oleh lensa. Contoh lain misalnya Anda ingin memotret makanan khas Jepang yaitu takoyaki dengan topping katsuobushi yang apabil makanan masih panas ia akan terlihat seperti menari-nari. Anda bsia mengambil angle dari samping yang memperlihatkan asap yang mengepul dari makanan dan membuat toppingnya berkibar.

Komposisi yang seimbang

Makanan akan terlihat lebih menarik apabila ia memiliki warna yang beragam. Oleh karena itulah kebanyakan restoran menyajikan makanan dalam piring putih agar kombinasi warna pada makanan bisa terlihat dengan jelas dan mengundang selera makan. Jika makanan yang Anda potret terlalu polos, Anda bisa mencari benda lain yang berwarna kontras untuk mendampingi makanan agar tidak terlihat kosong.

Setting macro

Fotografi makanan adalah teknik foto yang menggunakan teknik close-up atau jarak dekat. Jika Anda punya, gunakanlah lensa macro pada kamera DSLR untuk membuat tekstur makanan lebih menarik. Jika tidak ada lensa macro, kebanyakan kamera pada smartphone atau kamera DSLR sendiri sudah memiliki kemampuan untuk memotret macro.

16 komentar

mantap gan tips nya ane dah lma nih cari yang kaya gigi. terima kasih

tak mudah membuat foto makanan menyihir kita, ada trik yang benar-benar diperlukan

Bikin laper di pagi hari ni.. :D

siap santapnya aja dah gan haha

nice infonya gan lanjutkan bikin artikel yg bermanfaat gan

Mantap gan, bisa di coba nih nanti.

wuih, fotonya juga bikin saya ngiler . thank's infonya gan.

wah saya jadi laper ne gan... :D

jadi pengen ntr makanan ikutan narsis lagi :v

Ngiler gan mak aku tak bisa bikin kek gini makanan nya

cocok buat foto dekstop ini gan

aduh jadi keroncongan nih pas lagi lapeeer


EmoticonEmoticon