Tips dan Cara Fotografi Bagi Pemula


Sebagian besar orang mungkin akan kagum ketika ditunjukkan dengan foto-foto hasil fotografi yang berkualitas. Itulah salah satu kekuatan sekaligus kelebihan yang dimiliki oleh hasil fotografi yang baik. Tak heran jika fotografi sekarang ini menjadi hobi dan kegiatan yang populer dan asyik.
Tentu saja untuk menghasilkan jepretan foto-foto yang handal dibutuhkan kemampuan yang sebanding pula. Oleh karena itu, seorang fotografer harus memiliki teknik fotografi yang baik guna menghasilkan foto-foto yang bagus. Untuk menguasai kemampuan fotografi yang baik dibutuhkan latihan dan pengalaman yang terus diasah. Bagi Anda yang belum begitu mengenal dunia fotografi dan ingin menjadi fotografer profesional, latihan merupakan hal wajib yang harus dilakukan.
Berikut beberapa tips, teknik, dan cara fotografi bagi pemula yang layak Anda simak.

Pahami Cara Kerja Kamera Fotografi

Anda bisa belajar otodidak melalui buku panduan (manual book) atau dari internet bagaimana cara mengoperasionalkan kamera fotografi serta seluk beluknya. Anda pun bisa belajar dari rekan atau orang lain. Pelajari dasarnya dahulu. Setelah itu baru mempelajari detailnya.
Ingat dalam dunia fotografi ada beberapa macam jenis kamera seperti kamera digital (DSLR), kamera SLR, dan kamera saku (pocket camera). Untuk pemula gunakan kamera biasa saja terlebih dahulu.

Pahami Komponen Inti dalam Fotografi

Ada 3 (tiga) komponen dalam fotografi yang harus diketahui dan dipahami bagi fotografer pemula yaitu shutter speed (kecepatan rana),aperture (bukaan diagframa pada lensa kamera), dan ISO (ukuran sensitifitas kamera).Ketiga komponen pada kamera fotografi tersebut saling terkait sehingga harus dipahami dengan baik seorang fotografer pemula.

Pelajari Istilah-istilah Fotografi

Ingat dalam dunia fotografi terdapat berbagai istilah. Anda harus memahami istilah-istilah tersebut yang tujuannya membantu Anda memahami bagaimana dunia fotografi. Dan yang lebih penting lagi istilah-istilah tersebut sangat membantu Anda menjadi seorang fotografer profesional. Anda bisa mengakses berbagai sumber untuk memahami istilah-istilah fotografi mulai buku, majalah, internet maupun pendapat orang lain. Anda pun bisa bergabung dalam komunitas belajar fotografi agar memahami teknik dan cara fotografi bagi pemula.

Bawa Selalu Kamera Ketika Pergi

Ketika Anda bepergian selalu bawa kamera Anda. meski Anda belum begitu mahir dan masih amatir dalam urusan fotografi tak ada salahnya menyiapkan kamera di mana pun dan kapan pun Anda berada. Luangkan waktu Anda untuk belajar fotografi. Buat daftar objek yang ingin dipotret.
Begitu menemukan objek yang dirasa menarik Anda bisa mencoba melatih dan mengasah kemampuan fotografi Anda. Di sinilah ajang Anda menguji coba kemampuan fotografi sekaligus tempat berlatih.

Kembangkan Imajinasi dan Kreatifitas

Menjepret foto bisa dilakukan pada objek apa pun baik itu objek diam (statis) maupun objek bergerak (dinamis). Anda bia mencoba kemampuan fotografi Anda pada kedua objek tersebut. Banyak sekali objek yang bisa Anda eksplor dan jadikan objek fotografi.
Ketika Anda menjumpai objek yang sama cobalah untuk menjepretnya dari sudut pandang yang berbeda. satu objek bisa menghasilkan beragam sudut pandang. Kembangkan dan asah imajinasi dan kreatifitas fotografi Anda dengan berbagai eksperimen.

Jangan Takut untuk Mencoba

Biasanya seorang pemula senang memotret dalam suasana sendiri dan jarang ingin memotret ketika berada di kerumunan orang atau dalam suasana yang ramah. Nah, hal tersebut bisa menjadi penghambat Anda jika ingin menjadi fotografer profesional. Berani mencoba memotret dalam suasana sendiri maupun ketika berada di kerumunan orang.
Begitulan berbagai cara fotografi bagi pemula yang perlu Anda pahami dan pelajari. Selamat mencoba!

3 komentar

Wah pas banget buat gue ni bro

belum bisa beli kamera khusus fotographi gan :D

biasanya rada lelet di Imajinasi ma Kreatifitas, mklum jiwa seni kurang. ha


EmoticonEmoticon