Tutorial Cara Setting Exposure Compensation

Tutorial Cara Setting Exposure Compensation


Cara Setting Exposure CompensationSecanggih apapun kamera dan cara setting yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kesalahan yang mengurangi kualitas hasil jepretan. Misalnya saja kesalahan saat mengukur kondisi cahaya obyek yang akan dibidik. Perlu diketahui bahwa kamera mempunyai kecenderungan membawa obyek mendekati warna abu-abu 18%. Kecenderungan ini sebenarnya mesti dihindari. Inilah waktunya menggunakan setting Exposure Compensation atau kompensasi exposure.

Sebelumnya Cara Setting Exposure Compensation perlu diketahui, bahwa obyek foto mendekati warna abu-abu 18% artinya obyek foto tersebut sedikit digelapkan atau diterangkan oleh kamera agar menuju abu-abu. Tanpa pengaturan khusus proses tersebut akan berlangsung otomatis. Misalnya saja obyek foto yang didominasi warna putih. Oleh kamera dominasi warna putih tersebut akan sedikit digelapkan menjadi keabu-abuan. Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana foto menjadi under exposure compesation secara keseluruhan.
Di sisi lain, obyek foto yang didominasi warna hitam oleh kamera juga akan diterangkan menuju keabu-abuan agar bisa over exposure secara keseluruhan. Kamera yang membawa semua obyek foto ke abu-abu 18% sebenarnya merupakan kelemahan sistem matering kamera. Kelemahan itulah yang mest ditekan atau dihindari. Adapun salah satu cara yang bisa diupayakan yaitu menggunakan


exposure compensation

Exposure compensation merupakan teknik khusus seperlu memberi perintah pada kamera agar mengijinkan lebih banyak atau lebih sedikit cahaya masuk ke lensa terlepas dari pengukuran lightmeter. Ringkasnya dengan exposure compesation Anda bisa mengembalikan obyek foto yang under atau over. Dengan demikian warna hitam akan kembali terlihat hitam dan warna putih terlihat akan kembali putih.
Teknik ini sangat bermanfaat bila Anda mesti memotret dengan background yang didominasi warna hitam atau putih. Saat memotret dengan latar hitam, tanpa menggunakan exposure compesation biasanya kamera secara otomatis akan membuat warna foto lebih terang seperlu menghasilkan foto over exposure dan terlihat seperti abu-abu. Lantas bagaimana bila Anda ingin foto low key yang cenderung lebih gelap?
Dalam hal ini Anda mesti mengatur exposure compesation misal mengurangi 2 stop. Hasilnya foto akan lebih gelap tanpa ada upaya over exposure oleh kamera. Untuk bisa menikmati tekni exposure compesation, berikut diberikan tutorial cara settingnya pada kamera DSLR.
Cara Setting Exposure Compensation.
Tutorial cara setting exposure compensation ini diberikan khusus untuk kamera DSLR Nikon atau Canon.


Adapun untuk setting exposure compensation DSLR Canon berikut caranya:

1. Gunakan jari jempol untuk memutar quick control dial ke kiri atau ke kanan. Lakukan sembari melirik pada bagian panel LCD sisi atas.
2. Putar tombol ke kiri seperlu memberi perintah pada kamera untuk mengunderexpose foto sembari memutar ke sisi kanan agar kamera over.
3. Manfaatkan layar LCD yang berada di belakang dengan Quick Control screen.

Untuk kamera DSLR Nikon, cara setting bisa Anda lakukan mengikuti langkah berikut ini:

1. Tekan tombol exposure compesation menggunakan jari telunjuk.
2. Dalam kondisi tetap menekan tombol exposure compesation, putar roda comamnd dial di sisi belakang kamera dari ke kanan atau ke kiri menggunakan jempol.
3. Amati panel LCD di bagian atas, perhatikan angka yang terlihat sembari memutar seberapa besar exposure compesation yang diinginkan.
Untuk bisa menggunakan exposure compesation, pastikan kamera sudah terpasang pada mode program, aperture priority, atau shutter. Jadi exposure compesation memang tida bekerja pada mode auto. Adapun untuk tutorial cara setting exposure compesation kamera lain biasanya sudah dicantumkan dalam buku panduan. Sekian dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon