Tips Untuk Foto Traveling Bagi Fotografer Pemula


Tips Atau Cara Foto Traveling Bagi Fotografer Pemula - Saat Anda traveling tentu yang tidak boleh dilupakan adalah dokumentasi. Ada kepuasan sendiri bisa mendapatkan gambar yang bagus dan membuat orang lain tertarik untuk mengunjungi tempat yang Anda ambil fotonya tersebut. Anda tentu juga menginginkan cara foto traveling yang diambil akan tampak bagus untuk dipajang di sosial media yang Anda miliki agar tidak kalah dengan traveler profesional lainnya. Bagi Anda yang masih awam dengan fotografi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar foto traveling yang diambil bisa terlihat profesional. Masalah umum yang dirasakan oleh fotografer pemula adalah mereka tidak bisa memasukkan komposisi yang pas ke dalam frame dan menghasilkan kesan yang sama seperti yang dilihat dengan mata sendiri. Ini dia tips untuk mengambil foto traveling yang menarik.

Cari frame alami

Foto landscape dengan objek tertentu atau foto pemandangan luas mungkin terlihat agak membosankan untuk Anda. Anda bisa memberikan warna baru pada foto dengan menambahkan frame alami yang ada di sekitar Anda. Frame ini bisa berupa ranting atau dedaunan yang menjulur ke bawah, ata jendela di mana target foto Anda tertangkap dalam frame jendela tersebut. Dengan memasukkan frame alami ke dalam foto, maka Anda juga menciptakan focal point kepada objek foto sehingga perhatian orang yang melihat foto tersebut akan tertuju pada objek utama.

Manfaatkan fitur panorama

Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa kamera yang mereka bawa memiliki fitur untuk mengambil gambar secara panorama, tidak hanya landscape atau portrait saja. Mengambil gambar dengan panorama mode akan memungkinkan Anda mengambil gambar lebih luas dan panjang dalam satu frame, efeknya hampir sama dengan lensa fisheye. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan gambar pemandangan yang tidak harus terpotong dan menambah dimensi pada foto tersebut.

Masukkan unsur lokal

Salah satu daya tarik dari setiap tempat wisata adalah kearifan lokalnya dengan segala budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Mengabadikan kekayaan lokal di setiap objek wisata yang Anda kunjungi bisa menambah nilai pada foto yang Anda hasilkan. Tidak selalu objek, Anda juga bisa mengambil foto masyarakat lokal yang sedang beraktivitas dan menunjukkan karakter daerahnya. Tentu Anda harus meminta ijin terlebih dahulu untuk mengambil foto orang tersebut.

Gunakan focal length standar

Ketika Anda liburan, tentu sudah banyak barang yang dibawa dan akan kesulitan apabila beban ditambah dengan gear kamera yang bisa berkilo-kilo beratnya. Belajarlah untuk puas dengan menggunakan gear kamera seminimal mungkin, termasuk tidak perlu membawa lensa dengan berbagai macam focal length. Bawalah lensa yang cukup lebar untuk mengambil gambar landscape sehingga komposisi yang masuk dalam  frame bisa melengkapi konsep foto. Bila butuh untuk memotret objek dari jarak dekat, dekatilah dengan berjalan apabila memungkinkan dan manfaatkan fitur zoom standar.

Kamera stand-by selalu

Dalam fotografi yang penting adalah momennya. Anda tentu tidak ingin kehilangan momen mengabadikan sebuah peristiwa atau objek karena setting kamera yang belum siap. Agar Anda selalu siap mengambil gambar, atur setting kamera dengan f/5.6 dan ISO 400 untuk menaikkan kecepatan shutter sehingga momen bisa langsung tertangkap oleh kamera.

Maksimalkan cahaya siang hari

Dengan pencahayaan yang cukup Anda tidak perlu untuk menggunakan flash dalam mengambil gambar. Maka dari itu maksimalkan waktu hunting foto Anda pada siang hari karena pada malam hari dibutuhkan pengaturan yang lebih rumit dibandingkan siang hari. Namun bukan berarti foto yang diambil malam hari tidak sama menarik dengan foto siang hari. Mengambil foto pada malam  hari membutuhkan kestabilan tangan agar gambar tidak blur dan pengaturan ISO yang pas.

3 komentar

makasih infonya, lain kali bikin tips penggunaan kamera hp juga gan. kadang kangak semua traveller pakai DSLR. hee

Makasih tips nya gan, sangat bermanfaat

anjrittt pas banget ..... aku suka naik gunung ni gan... txz infonya.. :)


EmoticonEmoticon