Inilah Tips Fotografi Bagi Pemula yang Perlu Anda Tahu


Tips Fotografi Bagi Pemula Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Tips Fotografi Bagi Pemula yang Perlu Anda Tahu !! - Untuk mendapatkan hasil yang bagus, seorang fotografer memang mesti mengetahui tips fotografi yang benar. Tidak terkecuali bagi pemula. Adapun beberapa tips fotografi yang diberikan kali ini bisa diaplikasikan pada banyak jenis kamera seperti kamera ponsel atau kamera saku. Jadi tidak harus kamera DSLR. Kira-kira apa saja tips fotografi yang dimaksud? Berikut diantaranya: Rule of Thirds Merupakan sebuah teknik komposisi yang cukup mudah dipelajari. Ringkasnya objek yang dibidik akan terlihat lebih menarik bila posisi obyek sengaja tidak tepat di tengah. Sebagian besar jenis kamera, termasuk kamera ponsel sudah memiliki pengaturan grid. Pengaturan yang dimaksud biasanya terdiri dari 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal. Karenanya foto yang ditangkap seolah akan terlihat seperti terbagi menjadi 9 bagian. Seperlu mendapatkan foto yang menarik Anda bisa mengaktifkan pengaturan ini dan memposisikan obyek berada di 2/3 bagian foto berdasar garis panduan yang ada. Ubah Sudut Pandang atau Ketinggian Kamera Pada umumnya orang mengambil gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan mata. Sebenarnya cara tersebut termasuk cara yang monoton dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggeser posisi kamera ke atas atau ke bawah seperlu mendapat hasil jepretan yang lebih menarik. Kekurangannya, Anda akan cukup kesulitan melihat apa yang dibidik melalui viewfinder. Namun, berbekal pengalaman bisa jadi Anda akan menemukan cara unik atau sederhana lainnya untuk memotret. Misalnya saja Anda bisa menggunakan kamera yang memiliki LCD fleksibel yang dapat diputar. Pilih Kualitas dan Resolusi Maksimal Untuk mengabadikan hasil jepretan jangan ragu menggunakan kualitas dan resolusi maksimal. Bila khawatir kehabisan memory card, tentu Anda bisa membawa memory card cadangan. Pasalnya memory card sekarang ini bukan barang mewah i. Jadi sekiranya tidak perlu berhemat dengan memilih ukuran foto yang kecil. Salah-salah Anda malah akan kurang puas dengan hasilnya. Dengan memilih kualitas dan resolusi maksimal, maka Anda bebas mencetak, mengedit, atau berbagi foto tanpa perlu memangkas keindahannya. Bila kamera yang dimiliki mendukung format RAW memang disarankan menggunakan format tersebut. Tiga Point Penting Dalam Exposure Bagi fotografer pemula, 3 bagian ini bisa dibilang termasuk bagian yang tersulit. Berikut penjelasan lebih detilnya:

1. ISO 

ISO merupakan tingkat sensitifitas sensor kamera pada cahaya. Semakin tinggi ISO berarti memungkinkan Anda untuk memotret di bawah cahaya yang redup. Hanya saja seringkali akan disertai lebih banyak noise. Sebaliknya, bila ISO rendah biasanya tidak memungkinkan untuk memotret di dalam ruangan.

2. Aperture 

Aperture menggambarkan ukuran fisik bukaan lensa dan sekaligus berkaitan dengan penentuan focal length (f atau f/). Angka f kecil berarti memiliki bukaan lensa yang besar dengan latar akan terlihat out of focus alias kabur. Sebaliknya bila angka tinggi berarti memiliki bukaan lensa yang kecil sehingga cahaya yang masuk cukup sedikit. Untuk hasilnya biasanya dapat menunjukkan ketajaman di daerah latar.

3. Shutter Speed 

Shutter speed merupakan jeda waktu shutter akan tetap terbuka seperlu memberi jalan masukkan cahaya menuju sensor. Bila terbuka dalam waku lama, maka foto yang dihasilkan biasanya menunjukkan gerakan. Sebaliknya bila waktu terbuka cukup singkat hanya bisa menangkap saru gerakan diam. Itulah beberapa tips fotografi bagi pemula. Sebagai tips tambahan seorang fotografer memang wajib mengetahui teknik fotografi yang benar. Selain itu, seorang fotografer sebaiknya juga mengenal setiap mode atau fitur yang tersedia pada kamera yang dimiliki. Dengan demikian, kamera bisa digunakan secara optimal guna menghasilkan karya yang menawan.
First


EmoticonEmoticon