Cara Mengetahui Shutter Count pada Kamera SLR

cara mengetahui shutter count pada kamera slr

Apa Itu Shutter Count?
Shutter count merupakan jumlah total berapa kali shutter pada kamera sudah ditekan sehingga bisa menghasilkan satu foto. Untuk apa perlu mengetahui shutter count pada kamera? Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengetahui shutter count kamera. Berikut beberapa diantaranya:

Dapat Memprediksi Sampai Kapan Kamera Bisa Bekerja Baik

Keuntungan pertama Anda bisa memperkirakan sampai kapan kamera bisa bekerja maksimal. Pasalnya shutter count ibarat hitungan berapa kilomoter pada kendaraan bermotor. Sistem kerja mekanis kamera tidak berbeda dengan barang lainnya juga mempunyai keterbatasan. Oleh karenanya bila shutter count didapati sudah terlalu besar, ada kemungkinkan mekanisme dan fungsi kerja kamera akan terganggu atau malah rusak. Ringkasnya kamera tidak bisa bekerja secara prima seperti sedia kala.
Sebagai info tambahan, saat Anda menekan shutter secara otomatis sejumlah fungsi mekanis akan bekerja di dalam kamera hingga didapati hasil berupa foto. Fungsi tersebut tersusun  atas sejumlah komponen yang bisa dibilang cukup ringkih dan juga mempunyai batasan penggunaan. Adapun standar kamera SLR yang baik mencapai shutter count 100 ribu. Hal ini berarti Anda bisa menghasilkan 100 ribu foto dari satu unit kamera SLR tanpa perlu bermasalah dengan kamera rusak. Namun, beberapa produk kamera papan atas mengklaim produknya mampu mencapai shutter count 200 ribu tanpa kerusakan kamera.

Bermanfaat Ketika Membeli Kamera Second

Mengetahui shutter count sekiranya juga bermanfaat saat Anda akan membeli kamera bekas. Membeli kamera bekas sebenarnya cukup berisiko. Tidak heran bila kamera bekas kerap dibandrol dengan harga amat murah. Akan tetapi, dengan mengetahui shutter count Anda bisa menekan risiko yang ada. Dengan demikian Anda bisa menawar kamera bekas dengan harga yang memang layak sebanding spek produk saat akan dibeli.
Setelah mengetahui keutungannya, lantas yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengetahui shutter count pada kamera SLR? Salah satu cara alternatif yang bisa Anda coba yaitu menggunakan EXIF Viewer Online. Cara alternatif ini termasuk yang cara gampang dan mudah. Anda hanya perlu mengakses webnya, mengunggah foto sampel dari kamera yang ingin diketahui shutter count-nya, lalu menunggu sederet data EXIF.
Dengan menggunakan EXIF Viewer Online program secara otomatis akan menghitung berapa shutter count pada kamera. Seperlu mengetahui shutter count, Anda bisa menarik scroll bar ke bawah lalu melihat data yang ditampilkan. Misalnya saja diberikan data shutter count kamera Anda adalah 24646 berarti kamera tersebut sudah ditekan sebanyak dua puluh empat ribu enam ratus empat puluh enam kali ketika menghasilkan foto yang dipilih.
Selain itu, Anda bisa juga mengunduh program EXIF Viewer. Beberapa program khusus sengaja dirancang untuk dapat melihat data EXIF, diantaranya yaitu:

1. EOS Info

Program yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengeahui shutter count kamera SLR secara akurat. Misalnya saja kamera SLR Canon (EOS). Namun, perlu diketahui program ini hanya bekerja di perangkat Windows saja.

2. iExifer

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Mac bisa memilih program iExifer seperlu mengetahui shutter count kamera SLR. Anda bisa mengunduh program iExifer melalui Mac App Store. Program ini termasuk program berbayar. Adapun bagi Anda yang ingin mencoba program versi gratisnya bisa menjajal Simple Exif Viewer.

3. Opanda Exif Viewer

Tidak berbeda dengan EOS Info, Opanda Exif Viewer juga merupakan program khusus Exif Viewer yang berjalan apik pada Windows.


EmoticonEmoticon