Teknik Pemotretan dalam Fotografi

Teknik Pemotreatan Dalam Fotografi


Teknik Pemotretan dalam Fotografi - Dalam aktivitas fotografi teknik pemotretan yang benar memagang peranan kunci dalam menghasilkan foto-foto yang bagus dalam fotografi. Untuk menghasilkan foto yang berkualitas Anda harus tahu teknik pemotretan apa yang ingin dihasilkan.
Nah, dalam Teknik Pemotretan Fotografi hampir sebagian fotografer profesional selalu menerapkan teknik ini dalam pemotretan objek apa pun. Anda yang masih dalam tahap belajar fotografi juga bisa mengaplikasikan teknik-teknik dan tutorial fotografiberikut.

Jepretlah Foto dengan Mendekati Fokus Utama

Objek foto yang Anda jepret terlalu jauh mungkin akan menghasilkan gambar yang kurang sempurna, meski secara umum foto yang dihasilkan jelas dan tajam. Karena itu upayakan agar objek foto yang ingin dijepret didekati sehingga bisa lebih fokus.
Anda bisa mendekatinya secara fisik maupun memanfaatkan fitur zoom pada kamera fotografi. Objek foto yang didekati sehingga mampu mendapati fokus utamanya akan lebih baik dan nampak menarik.

Jepretlah Foto Secara Cepat

Kadangkala terlalu lama melakukan setelan atau membidik fokus akan membuat seseorang kehilangan momen mengabadikan objek foto terbaik. Nah, upayakan begitu Anda menemukan objek dengan tepat langsung dijepret.
Dan jangan lupa untuk melakukan beberapa kali jepretan pada objek yang difoto. Barangkali di antara beberapa foto tersebut akan terdapat perbedaan mana yang nampak sangat menarik dan mana yang biasa saja.

Jepretlah Foto dengan Fokus Pada Objek

Di sini Anda dapat memanfaatkan aperture (bukaan diagframa pada lensa kamera) yang beragam. Tujuannya agar Anda bisa mengenali mana foto yang memiliki kedalaman fokus terbaik. Tiap objek pastinya punya tingkat kedalaman fokus yang berbeda.
Anda harus bisa mendapatkan fokus terbaik pada objek yang dibidikan dan dihasilkan. Anda bisa mencoba menggunakan kedalaman fokus yang kecil maupun yang besar.

Cobalah Gunakan Shutter Speed (Kecepatan Rana)

Dalam dunia fotografi terdapat 3 (tiga) komponen penting yang tak bisa diabaikan yaitu aperture, ISO, dan shutter speed. Shutter speed adalah salah satunya. Anda bisa kemampuan menggunakan shutter speeduntuk 2 (dua) objek yang berbeda.
1.   Shutter speed yang cepat untuk menjepret objek foto bergerak (dinamis). Contohnya aliran air, laju motor, dan sebagainya.
2.   Shutter speed yang lambat untuk menjepret objek foto diam (statis). Contohnya pemandangan alam. Di sini Anda bisa menggunakan bantuan tripod agar hasil fotonya berkualitas.

Jepret Foto dengan Memperhatikan Cuaca dan Cahaya

Jika Anda ingin memotret objek yang berada di ruang terbuka atau alam, maka kondisi cuaca dan cahaya harus Anda perhatikan. Untuk foto yang ingin diberi latar cerah pilih cuaca yang mendukung yaitu ketika cerah atau panas.
Sementara jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar siluet maka posisi cahay yaitu matahari harsus berada di belakang. Sedangkan jika ingin fokus pada objek pilih cahaya di depan maupun sampingnya. Gunakan filter polarisasi untuk menghasilkan foto yang bagus.

Gunakan Kamera DSLR untuk Astrofotgrafi

Biasanya dalam fotografi terdapat kegiatan memotret benda-benda langit dan luar angkasa. Kegiatan fotografi tersebut biasanya disebut dengan astrofotografi. Tentu saja untuk memotret benda-benda langit tidak bisa sembarangan mengingat objeknya sangat jauh dan sulit dijangkau.
Namun Anda bisa menggunakan teknik astrofotografi untuk memotret objek tersebut. Kamera DSLR adalah kamera terbaik untuk memotret objek tersebut. Anda bisa memanfaatkan manual mode untuk pengaturan sebelum memotret.

Coba Bereksperimen dengan Aneka Mode

Mode auto biasanya memang mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan settingan tinggal memotret dan mengatur fokus dengan sebaik mungkin. Namun tak ada salahnya menggunakan mode semi auto atau mode manual.
Nah, tentunya tutorial fotografi di atas masih bisa Anda kembangkan.

14 komentar

Bang, mau tanya dong. Pemotretan yang agan jabarkan di atas itu cocok enggak dengan pemotretan jurnalistik? Izin bookmark ya bang.
Nice post...

ingin potret dengan abg sexy om!! tp abg nya malah kaburrr!! bukan kabur kualitas kamera tp abg nya kabur , Apes

nice info gan, jepret jepret ah habis ini :D

mantep, nambah ilmu lagi tentang cara pake DSLR :)

Wahh ini bagus sekali tekniknya
bisa buat bekal ujian nantinya hehehe

Mantap dah tips tips nya nih , ane coba praktekin ah . makasih bro

mantap gan, bisa belajar tentang fotography

mantep, nambah ilmu tentang jepret

wah keren gan , ,jadi nambah ilmu nih gan

angel nya harus pas ya om :D . nice artikel, untuk belajar photography om..

Makasih Gan Infonya (Y) keren banget tekniknya


EmoticonEmoticon