Perhatikan Hal Berikut Untuk Memilih Kamera Pertama Anda


Fotografi saat ini merupakan hobi yang semakin meluas dan banyak digandrungi terutama oleh anak muda. Selain menarik dan bisa menghasilkan karya seni yang indah, fotografi adalah hobi yang bisa menghasilkan alias Anda bisa menjadikan fotografi sebagai sumber pendapatan. Langkah pertama untuk Anda yang tertarik menjadi fotografer tentu adalah memiliki kamera yang pas. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa semakin canggih kamera maka semakin mahal harganya. Namun kamera yang cocok untuk Anda bukan berarti harus kamera yang paling mahal. Yang paling penting untuk fotografer pemula adalah melatih mata untuk bisa melihat objek yang bisa jadi foto cantik. Lalu apa yang mesti diperhatikan dalam memilih sebuah kamera untuk pemula? Ini dia jawabannya.

Sesuai kebutuhan

Membeli kamera pertama yang cocok untuk Anda tentu disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk dokumentasi kebutuhan keluarga, untuk hobi ulik fotografi, atau untuk keperluan tugas mahasiswa yang mengambil mata kuliah fotografi. Dalam artikel ini diasumsikan Anda ingin membeli kamera untuk mendalami hobi fotografi. Maka starter kit yang disarankan adalah bodi kamera, lensa wide misalnya 18-55 mm, fast lense dengan bukaan terbesar minimal f/2, dan bisa ditambah dengan lensa tele dengan ukuran 70-300 mm. Starter kit ini sudah cukup untuk latihan mengambil foto dalam cahaya yang kurang dan dalam melatih teknik Depth of Field yang sempit.  Untuk pemilihan lensa sebaiknya tidak perlu banyak-banyak dulu karena selain mahal, lebih baik Anda kuasai teknik-teknik menggunakan lensa yang ada.

Perhatikan sensor

Jenis sensor yang ada pada kamera terutama kamera DSLR secara garis besar dibagi menjadi tiga yaitu full frame, APS-C, dan four thirds. Dari ketiga jenis sensor tersebut yang paling banyak digunakan adalah jenis sensor four thirds. Ini karena ia memiliki bobot yang lebih ringan, bodinya lebih kecil, memiliki ukuran sensor yang kecil tetapi tidak mengurangi kualitas gambar. Sementara untuk sensor full frame, bodinya lebih berat namun tidak ada gambar yang terpotong atau apa yang terlihat dalam viewfinder maka itulah hasil fotonya. Sedangkan untuk sensor APS-C bodinya memang lebih ringan dibanidngkan full frame tetapi gambar yang dihasilkan kurang baik.

Image stabilization

Karena belum terbiasa menggunakan kamera, mungkin tangan Anda belum stabil untuk menggenggam kamera. Tangan yang agak bergetar saat mengambil gambar tidak akan berpengaruh banyak apabila mengambil gambar di siang hari. Tetapi blur akan terlihat jelas apabila Anda menggunakan tangan yang belum stabil untuk mengambil gambar di malam hari. Maka dari itu selain bisa mempertimbangkan untuk beli tripod, pilihlah kamera dengan fitur image stabilization atau anti getar. Fitur ini akan membuat gambar tetap stabil meski diambil dalam keadaan gelap atau mengambil gambar jarak jauh.

Hati-hati pilih merk

Maksudnya bukan memilih kamera denga merk terbaik karena masing-masing kamera punya kelebihan dan harganya sendiri-sendiri. Maksudnya adalah Anda harus setia dengan merk kamera yang Anda gunakan. Ini berhubungan dengan gear yang akan Anda tambah dan terus tambah suatu hari nanti dan tentunya harus satu merk dengan kamera Anda. Menggunakan  gear merk lain pada merk kamera yang berbeda bisa merusak keduanya dan membuat Anda rugi besar. Memilih merk apa yang ingin dipakai bisa dengan melihat teman-teman sesama fotografer di sekitar Anda. Dengan menyamakan merk, Anda nanti bisa saling bertukar gear atau teknik sehingga budget Anda untuk hobi bisa dihemat.


EmoticonEmoticon